Tahap Produksi Pembuatan Animasi 2D - Production #2

Tahap Produksi Pembuatan Animasi 2D (Bagian 2/3) - Setelah kita mempelajari bagian pertama, yaitu T...

Tahap Produksi Pembuatan Animasi 2D (Bagian 2/3) - Setelah kita mempelajari bagian pertama, yaitu Tahap Pra-Produksi, kali ini meningkat ke Tahap Produksi Pembuatan Animasi 2D. Sebelum mulai memproduksi, lebih baik kalian pastikan bahwa semua kebutuhan alat-alat atau komponen seperti komputer, software, pen tab (jika dibutuhkan), microfon (untuk dubbing), dan persiapan pada tahap pre-produksi sebelumnya.


Cara Membuat Animasi 2D Sederhana, Tahap Produksi Pembuatan Animasi 2D - Hog Pictures
Tahap Produksi Pembuatan Animasi 2D - Production #2 - Hog Pictures


Production

Tahap produksi adalah inti dari keseluruhan proses, tahap ini sangat mempengaruhi visual dan kualitas gambar pada hasil akhir. Terdapat beberapa proses didalamnya seperti Perancangan Layout, R&D, Character, Texturing, Rigging, Animation, VFX, Lighting, dan Rendering.


1. Layout

Perancangan Layout adalah proses awal produksi, karena mengandung informasi visual yang berupa sketsa atau gambaran yang lebih detail tentang scene pada setiap animasi yang akan dibuat. Layout sangat diutamakan untuk background, dan digambar secara hitam putih juga lebih cenderung menggambarkan rancangan secara detail agar mempercepat proses animasi.

Baca juga: Membuat Film Animasi dengan Low Budget


2. R&D

R&D atau Research and Development dibutuhkan untuk pengujian efektivitas produksi animasi yang bersifat analisis supaya dapat berfungsi di masyarakat luas. Proses ini dilakukan untuk mendapatkan informasi tentang kebutuhan pengguna. Jadi, produksi animasi kita dapat dinikmati dan dimengerti oleh penonton. Tetapi proses ini tidak wajib dilakukan jika kalian sudah mengetahui dan menerapkan maksud dan alasan kenapa kalian membuat animasi tersebut.


3. Character

Pembuatan karakter tergantung pada 2 hal, keterampilan menggambar tangan atau secara digital (komputer). Jika kalian memiliki keahlian dalam menggambar manual dengan tangan, proses pembuatan karakter bahkan background akan sangat mempercepat proses pembuatan. Gambarlah karakter berupa sketsa diatas kertas, lalu scan dan impor kedalam komputer. Lakukan sedikit penyuntingan sketsa, kalian dapat juga menggambar ulang sketsa agar terlihat lebih rapi, dan nantinya dibutuhkan untuk rigging. Warnai karakter. Dan untuk penggambar digital, dibutuhkan imajinasi yang kuat agar dapat menggambar langsung pada komputer dengan dokumen blank tanpa jiplakan hasil gambar tangan manual.


4. Texturing

Untuk hasil yang lebih maksimal, penambahan tekstur pada setiap desain sangat direkomendasikan. Pada dasarnya, setiap desain harus memiliki warna, dan tekstur adalah pelengkapnya. Misalkan, kita sudah mempunyai gambar baju dengan warna merah, alangkah baiknya jika baju tersebut kita tambahkan tekstur kain agar terlihat lebih nyata.

Baca juga: Jenis Gaya dan Teknik Animasi 2D yang Jarang Digunakan


5. Rigging

Pada animasi berbasis komputer, rigging sudah menjadi bagian penting dari proses pembuatan animasi. Berbeda dengan tradisional, yang hampir keseluruhannya membutuhkan keahlian dalam menggambar tangan. Rigging berguna untuk menambahkan tulang dan sendi pada karakter yang telah kita buat. Agar dapat kita gerakkan secara terpisah dan lebih praktis. Untuk pergerakkan, animator dapat mengatur keyframe sebagai poin perpindahan. Buatlah karakter dengan 3 sudut pandang yang berbeda, seperti sudut pandang dari depan, serong, dan samping.


6. Animation

Jika tahap diatas sudah dipersiapkan, langkah selanjutnya adalah melakukan animasi. Semua pergerakkan bergantung kepada storyboard, dimana setiap adegan sudah dicatat dengan jelas. Impor bahan-bahan yang dibutuhkan seperti background, karakter, juga komponen atau objek lainnya. Gerakkan setiap komponen dan jangan sampai keluar dari panduan storyboard yang sudah dibuat.


7. VFX

Penambahan VFX atau Visual Effects dibutuhkan untuk menghiasi animasi yang mengandung unsur elemen seperti api, air, asap, cahaya, dan masih banyak lagi. VFX cenderung diaplikasikan untuk kebutuhan yang tidak bisa dibuat dengan gambar ataupun animasi. Efek ini banyak dibuat pada software 3D.


Baca juga: Sertifikat Animasi 2D Online Gratis

8. Lighting

Pencahayaan dapat menghidupkan gambar yang flat atau datar, dan kuat dalam menggambar situasi agar lebih terasa oleh penonton. Pencahayaan dapat diatur dengan penambahan bayangan atau cahaya manual, atau dengan tool pencahayaan khusus pada aplikasi tertentu.


9. Rendering

Ini adalah proses yang mengakhiri tahap produksi, rendering berguna untuk mengubah atau menerbitkan project animasi pada software untuk mendapatkan hasil video dalam format file tertentu. Didalam proses ini, kalian dapat menentukan konversi, format, bit rate, resolusi, dan opsi lain sesuai kebutuhan.


Sekian untuk tutorial kali ini, baca juga bagian ketiga mengenai tahap Paska Produksi. Dan tunggu informasi lainnya mengenai pembuatan animasi 2D.

Lihat Video Tutorial Lebih Lengkap!

Terima kasih sudah membaca, semoga kalian dapat menambah sedikit ilmu tentang Pembuatan Animasi 2D. Hanya itu yang bisa saya sampaikan, tunggu artikel selanjutnya tentang tutorial-tutorial komputer dan multimedia lainnya. Demikianlah tutorial tentang Tahap Produksi Pembuatan Animasi 2D

COMMENTS

Nama

Adobe After Effects Adobe Flash Adobe Photoshop Adobe Systems Animation Articles Audio Characters News Others Places Tutorials YouTube
false
ltr
item
Hog Pictures: Belajar Komputer Dasar dan Multimedia untuk Pemula: Tahap Produksi Pembuatan Animasi 2D - Production #2
Tahap Produksi Pembuatan Animasi 2D - Production #2
https://3.bp.blogspot.com/-_W5iKniEzhg/VxPIRZcy-hI/AAAAAAAACQg/lj3lyREOg48IqDShOvRvelOnDhusCCGywCLcB/s400/animationproduction%2B%255BMax%2BWidth%2B1024%2BMax%2BHeight%2B768%255D.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-_W5iKniEzhg/VxPIRZcy-hI/AAAAAAAACQg/lj3lyREOg48IqDShOvRvelOnDhusCCGywCLcB/s72-c/animationproduction%2B%255BMax%2BWidth%2B1024%2BMax%2BHeight%2B768%255D.jpg
Hog Pictures: Belajar Komputer Dasar dan Multimedia untuk Pemula
http://www.hog-pictures.com/2016/04/tahap-produksi-pembuatan-animasi-2d.html
http://www.hog-pictures.com/
http://www.hog-pictures.com/
http://www.hog-pictures.com/2016/04/tahap-produksi-pembuatan-animasi-2d.html
true
9172736097871728012
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy