Pengertian dan Sejarah Blender (3D Software)

Pengertian Blender (3D Software) Blender adalah produk profesional gratis dan perangkat lunak kom...

Pengertian Blender (3D Software)

Blender adalah produk profesional gratis dan perangkat lunak komputer open-source 3D grafis yang digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, seni, 3D model, aplikasi 3D interaktif dan video game. Fitur Blender termasuk 3D modeling, UV unwrapping, texturing, raster graphics editing, rigging and skinning, fluid and smoke simulation, particle simulation, soft body simulation, sculpting, animating, match moving, camera tracking, rendering, video editing and compositing. Bersamaan pemodelan fitur juga memiliki mesin permainan yang terintegrasi.


Pengertian dan Sejarah Blender (3D Software) - Hog Pictures
Pengertian dan Sejarah Blender (3D Software) - Hog Pictures


Sejarah Blender (3D Software)

Animasi studio Belanda Neo Geo dan Not a Number Technologies (NaN) mengembangkan Blender sebagai aplikasi in-house, dengan penulis utama adalah Ton Roosendaal. Nama Blender terinspirasi oleh lagu oleh Yello, dari album Baby.

Ton Roosendaal mendirikan NaN pada Juni 1998 untuk lebih mengembangkan dan mendistribusikan program. Mereka awalnya didistribusikan program sebagai shareware sampai NaN bangkrut pada tahun 2002.

Pada tanggal 18 Juli 2002, dalam menanggapi kebangkrutan Roosendaal memulai kampanye "Free Blender", sebagai crowdfunding prekursor awal. Kampanye ini bertujuan untuk open-sourcing Blender untuk pembayaran satu kali dari € 100.000 (US $ 100.670 pada saat itu) yang dikumpulkan dari masyarakat. Pada tanggal 7 September 2002, diumumkan bahwa mereka telah mengumpulkan cukup dana dan akan merilis kode sumber Blender. Hari ini, Blender adalah perangkat lunak bebas, open-source dan terlepas dari Blender Institute's two half time dan two full-time employees yang dikembangkan oleh masyarakat.

Yayasan Blender awalnya memiliki hak untuk menggunakan lisensi ganda, sehingga, selain GPL, Blender akan tersedia juga di bawah Lisensi Blender yang tidak memerlukan kode sumber tetapi pembayaran diperlukan untuk Blender Foundation. Namun, mereka tidak pernah melaksanakan opsi ini dan ditangguhkan tanpa batas waktu di tahun 2005. Saat ini, Blender adalah semata-mata tersedia di bawah GNU GPL.


Suzanne

Pada Januari-Februari 2002 itu jelas bahwa NaN tidak bisa bertahan dan akan menutup pintu pada bulan Maret. Namun demikian, mereka mengeluarkan satu lagi rilis, 2,25. Sebagai semacam-telur Paskah, tag pribadi terakhir, seniman dan pengembang memutuskan untuk menambahkan model 3D dari kepala simpanse. Buku itu diciptakan oleh Willem-Paul van Overbruggen (SLiD3), yang menamainya Suzanne setelah orangutan dalam film Kevin Smith Jay dan Silent Bob Strike Back.

Suzanne adalah alternatif Blender untuk model tes yang lebih umum seperti teko Utah dan Stanford Bunny. Sebuah model low-poligon dengan hanya 500 wajah, Suzanne sering digunakan sebagai cara cepat dan mudah untuk menguji materi, animasi, rig, tekstur, dan setup pencahayaan dan juga sering digunakan dalam gambar lelucon. Suzanne masih termasuk dalam Blender. Kontes Blender terbesar memberikan keluar penghargaan disebut Suzanne Award.


Clone

Karena sifat open source Blender, program lain telah mencoba untuk mengambil keuntungan dari keberhasilannya dengan mengemas ulang dan menjual versi kosmetik yang dimodifikasi itu. Contohnya termasuk IllusionMage, 3DMofun dan Designer Fluid.


Fitur

Rilis resmi Blender untuk Microsoft Windows, Mac OS X, dan Linux, serta port untuk FreeBSD, yang tersedia di kedua versi 32-bit dan 64-bit. Meskipun sering didistribusikan tanpa ekstensif contoh adegan ditemukan di beberapa program lain, perangkat lunak berisi fitur yang merupakan ciri khas dari software 3D high-end. Di antara kemampuan adalah:

  • Dukungan untuk berbagai geometris primitif, termasuk jerat poligon, pemodelan permukaan subdivisi cepat, kurva Bezier, NURBS permukaan, metaballs, multi-res digital sculpting (termasuk topologi yang dinamis, peta kue, remeshing, resymetrize, penipisan ..), huruf garis besar, dan sistem modeling n-gon baru yang disebut B-mesh.
  • Internal mesin render dengan ray tracing scanline, pencahayaan tidak langsung, dan oklusi ambien yang dapat mengekspor dalam berbagai format.
  • Sebuah pathtracer mesin render yang disebut Siklus, yang dapat mengambil keuntungan dari GPU untuk rendering. Siklus mendukung Open Bahasa Shading sejak Blender 2.65.
  • Integrasi dengan sejumlah eksternal membuat mesin melalui plugin.
  • Alat animasi keyframed termasuk invers kinematika, angker (kerangka), hook, kurva dan deformasi berbasis kisi, kunci bentuk (morph sasaran animasi), animasi non-linear, kendala, dan vertex pembobotan.
  • Alat simulasi untuk dinamika tubuh lembut termasuk deteksi jala tabrakan, LBM dinamika fluida, simulasi asap, Bullet dinamika benda tegar, pembangkit laut dengan gelombang.
  • Sebuah sistem partikel yang meliputi dukungan untuk rambut berbasis partikel.
  • Pengubah untuk menerapkan efek non-destruktif.
  • Scripting Python untuk pembuatan alat dan prototyping, logika permainan, mengimpor dan / atau mengekspor dari format lain, otomatisasi tugas dan alat kustom.
  • Dasar non-linear video / audio editing.
  • Blender Game Engine, sebuah sub-proyek, menawarkan fitur interaktivitas seperti deteksi tabrakan, dinamika mesin, dan programmable logic. Hal ini juga memungkinkan penciptaan, aplikasi yang berdiri sendiri real-time mulai dari visualisasi arsitektur untuk konstruksi video game.
  • Sebuah compositor simpul berbasis terintegrasi dalam pipa render dipercepat dengan OpenCL.
  • Prosedural dan simpul berbasis tekstur, serta tekstur lukisan, lukisan proyektif, lukisan titik, lukisan berat dan lukisan dinamis.



Antarmuka Pengguna


Mode Editing

Dua mode utama dari pekerjaan yang Object Mode dan Edit Mode, yang toggled dengan tombol Tab. Modus objek digunakan untuk memanipulasi objek individu sebagai satu unit, sementara mode Edit digunakan untuk memanipulasi data objek yang sebenarnya. Misalnya, Objek Mode dapat digunakan untuk bergerak, skala, dan memutar seluruh jerat poligon, dan Edit Mode dapat digunakan untuk memanipulasi simpul individu mesh tunggal. Ada juga beberapa mode lain, seperti Vertex Cat, Berat Cat, dan Sculpt Mode.


Penggunaan Hotkey

Sebagian besar perintah dapat diakses melalui hotkeys. Ada juga menu GUI yang komprehensif.


Input Numerik

tombol angka dapat "diseret" untuk mengubah nilai mereka langsung tanpa perlu bertujuan widget tertentu, serta yang ditetapkan menggunakan keyboard. Kedua slider dan tombol angka dapat dibatasi untuk berbagai ukuran langkah dengan pengubah seperti Ctrl dan tombol Shift. ekspresi Python juga dapat diketik langsung ke nomor kolom entri, yang memungkinkan ekspresi matematika untuk menentukan nilai-nilai.


Manajemen Workspace

Blender GUI membangun ubin sendiri (non-overlapping) sistem windowing di atas satu atau beberapa jendela yang disediakan oleh platform yang mendasari. Satu platform window (sering berukuran untuk mengisi layar) dibagi menjadi beberapa bagian dan sub-bagian yang dapat dari setiap jenis tampilan Blender atau jendela-jenis. Pengguna dapat menentukan beberapa layout dari jendela Blender tersebut, disebut layar, dan beralih cepat antara mereka dengan memilih dari menu atau dengan cara pintas keyboard. Setiap jendela-jenis ini elemen GUI sendiri dapat dikendalikan dengan alat yang sama yang memanipulasi tampilan 3D. Sebagai contoh, seseorang dapat memperbesar dan keluar dari GUI-tombol menggunakan kontrol yang sama satu memperbesar dan keluar di viewport 3D. GUI viewport dan layar tata letak sepenuhnya user-disesuaikan. Hal ini dimungkinkan untuk mengatur antarmuka untuk tugas-tugas tertentu seperti editing video atau pemetaan UV atau texturing dengan menyembunyikan fitur yang tidak digunakan untuk tugas tersebut.


Format File

Blender fitur sistem file internal yang dapat pak beberapa adegan ke dalam satu file (disebut ".blend" file). Semua ".blend" file Blender adalah maju, mundur, dan cross-platform yang kompatibel dengan versi lain dari Blender, dengan pengecualian berikut:
Pemuatan animasi disimpan dalam pasca-2.5 file dalam Blender pra-2.5. Hal ini disebabkan subsistem animasi yang dikerjakan lagi diperkenalkan di Blender 2,5 menjadi inheren tidak kompatibel dengan versi lama.
Pemuatan jerat disimpan di pos 2.63. Hal ini disebabkan pengenalan BMesh, lebih fleksibel / featureful Format mesh.
Semua adegan, benda, bahan, tekstur, suara, gambar, efek pasca-produksi untuk seluruh animasi dapat disimpan dalam satu ".blend" file. Data diambil dari sumber eksternal, seperti gambar dan suara, juga dapat disimpan secara eksternal dan direferensikan baik melalui nama path absolut atau relatif. Demikian juga, ".blend" file sendiri juga dapat digunakan sebagai perpustakaan aset Blender.


Konfigurasi Antarmuka Dipertahankan dalam ".blend" file

Berbagai macam script impor / ekspor yang memperluas kemampuan Blender (mengakses data objek melalui API internal) memungkinkan untuk antar-beroperasi dengan alat 3D lainnya.
Blender mengatur data berbagai macam "blok data", seperti Objects, Meshes, Lampu, Adegan, Bahan, Gambar dan sebagainya. Sebuah objek di Blender terdiri dari beberapa blok data - misalnya, apa yang pengguna akan menggambarkan sebagai jaring poligon terdiri dari setidaknya Obyek dan blok data Mesh, dan biasanya juga Material dan banyak lagi, terkait bersama-sama. Hal ini memungkinkan berbagai blok data untuk merujuk satu sama lain. Mungkin ada, misalnya, beberapa Objek yang mengacu pada Mesh yang sama, dan membuat editing berikutnya dari hasil mesh bersama dalam perubahan bentuk dalam semua Objects menggunakan Mesh ini. Benda, jerat, bahan, tekstur dll juga dapat terhubung dari file .blend lain, yang adalah apa yang memungkinkan penggunaan file .blend perpustakaan sumber daya dapat digunakan kembali.


Penyuntingan Video

Video Editor (VSE)

Blender memiliki berfungsi penuh, siap produksi Non-Linear editor video atau VSE untuk pendek. Blender VSE memiliki banyak fitur termasuk efek seperti Gaussian Blur, grading warna, Fade dan Lap transisi, dan transformasi video lainnya.


Ekspor Web

Blend4Web, kerangka WebGL open source, dapat digunakan untuk mengkonversi adegan Blender keseluruhan dengan grafis, animasi, suara dan fisika untuk bekerja di browser web standar. Ekspor dapat dilakukan dengan satu klik, bahkan sebagai halaman web mandiri.


Pengembangan

Sejak pembukaan sumber, Blender telah mengalami refactoring signifikan dari basis kode awal dan penambahan besar untuk set fitur tersebut.
Perbaikan meliputi sistem animasi penyegaran; sistem pengubah berbasis tumpukan; sistem partikel diperbarui (yang juga dapat digunakan untuk mensimulasikan rambut dan bulu); dinamika fluida; dinamika lembut tubuh; shader GLSL dukungan [29] dalam mesin permainan; canggih UV membuka bungkusan; sepenuhnya recoded membuat pipa, sehingga terpisah membuat berlalu dan "membuat tekstur"; simpul berbasis editing materi dan compositing; dan lukisan proyeksi.
Bagian dari perkembangan tersebut didorong oleh musim panas Google program Code, di mana Blender Foundation telah berpartisipasi sejak tahun 2005.


Mendukung

Blender secara luas didokumentasikan di situsnya, dengan sisa dukungan yang diberikan melalui tutorial komunitas dan forum diskusi di Internet. dukungan profesional, yang disediakan oleh Jaringan Blender, berisi dukungan dan layanan sosial bagi Blender Profesional. Selain itu, YouTube dikenal memiliki video banyak sekali tutorial yang tersedia baik untuk amatir Blender atau profesional tanpa biaya.


Referensi : Wikipedia


Lihat Video Tutorial Lebih Lengkap!

Sekian dan terima kasih, semoga kalian dapat menambah sedikit ilmu tentang Blender. Hanya itu yang bisa saya sampaikan, tunggu artikel selanjutnya mengenai tutorial-tutorial komputer dan multimedia lainnya. Demikianlah penjelasan tentang Pengertian dan Sejarah Blender (3D Software)

COMMENTS

Nama

Adobe After Effects Adobe Flash Adobe Photoshop Adobe Systems Animation Articles Audio Characters News Others Places Tutorials YouTube
false
ltr
item
Hog Pictures: Belajar Komputer Dasar dan Multimedia untuk Pemula: Pengertian dan Sejarah Blender (3D Software)
Pengertian dan Sejarah Blender (3D Software)
https://2.bp.blogspot.com/-Seg605Fy6mQ/Vy7gtacHTmI/AAAAAAAAAZ0/aXw46hxLJy4z1Ohj8srAfjlSV6wYzHJugCLcB/s400/blender-hogpictures.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-Seg605Fy6mQ/Vy7gtacHTmI/AAAAAAAAAZ0/aXw46hxLJy4z1Ohj8srAfjlSV6wYzHJugCLcB/s72-c/blender-hogpictures.jpg
Hog Pictures: Belajar Komputer Dasar dan Multimedia untuk Pemula
http://www.hog-pictures.com/2016/05/pengertian-sejarah-blender-3d-history-definition.html
http://www.hog-pictures.com/
http://www.hog-pictures.com/
http://www.hog-pictures.com/2016/05/pengertian-sejarah-blender-3d-history-definition.html
true
9172736097871728012
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy