Pergerakan Kamera pada Animasi 2D

Setelah kita mempelajari sudut pengambilan gambar dan teknik pengambilan gambar pada animasi 2D, ...

Setelah kita mempelajari sudut pengambilan gambar dan teknik pengambilan gambar pada animasi 2D, kali kita akan membahas tentang pergerakan kamera pada animasi 2D yang terdiri dari Panning, Tilting, Push in, Pull back, Track to the LeftTrack to the RightCrane Up and Down, dan Parallax. Gerakan kamera ini cukup mudah dimengerti tapi tidak begitu mudah dilakukan dalam animasi 2D, karena beberapa perangkat lunak animasi 2d tidak mampu mengelola lapisan dalam lingkungan 3D. Sekarang, jika software animasi kalian dapat melakukan 2.5D, yang kurang lebih dapat mengolah gambar 2D di ruang 3D. Maka, semua akan lebih baik. Semua gerakan ini akan sangat mudah untuk dipahami.


Pergerakan Kamera pada Animasi 2D
Pergerakan Kamera pada Animasi 2D

Pergerakan Kamera pada Animasi 2D

Push in dan Pull backMemindahkan kamera di Z axis atau saat kita menggerakkan kamera depan dan ke belakang. Ini juga dikenal sebagai dolly dan dolly back.
Track to the Left and Right: Memindahkan kamera di X axis atau saat kita memindahkan kamera ke sisi.
Crane Up and Down: Memindahkan kamera di Y axis atau saat kita memindahkan kamera ke atas dan ke bawah.
Untuk menggerakan dengan teknik diatas, kita memerlukan Parallax, jika tidak, semuanya hanya akan terlihat seperti "Moving the camera view (memindahkan view kamera)" saja.

Baca juga: Jenis Gaya dan Teknik Animasi 2D yang Jarang Digunakan

Panning dan Tilting: Pergerakan Kamera

Dalam dunia nyata, atau di 3D Animation, panning yaitu ketika kamera beralih ke kiri atau kanan, dan tilting yaitu ketika kamera digerakkan ke atas atau bawah. Namun dalam 2D ​​Animation yaitu ketika kita memindahkan "tampilan Kamera", atau "layar" ke kiri atau kanan untuk panning, dan atas atau bawah untuk tilting tersebut. Dalam kehidupan nyata, kita hanya mengatakan "memindahkan pandangan ke kiri", atau hanya arahkan ke tempat di layar.

Panning dan Tilting, atau memindahkan "Camera View" dari satu tempat ke tempat lain dapat menambahkan banyak dinamisme untuk cerita yang telah kita buat, terutama jika adegan mulai pergi sedikit demi sedikit. Ini dapat diaplikasikan untuk merebut kembali perhatian penonton dan menarik mereka ke cerita lagi. Ingat, satu aturan lagi yaitu untuk selalu memiliki sinematografi yang berubah untuk menambah minat, jika kita meninggalkan hanya satu open shot untuk seluruh tindakan, kita bisa menanggung penonton. Bagaimana kita bisa membuatnya menarik? Dengan memindahkan "tampilan kamera", menggunakan panning atau tilting seperti yang sudah kita bahas diatas.

Baca juga: Konsep Dasar Prinsip Animasi 2D

Parallax

Parallax adalah proses pemberian efek lingkungan 3D. Dalam animasi, untuk mencapai cara ini adalah dengan memiliki tanah atau foreground yang bergerak lebih cepat daripada latar belakang atau background. Segala sesuatu yang lebih dekat ke kamera, yang disebut latar depan, harus bergerak lebih cepat dari latar belakang.
Itulah parallax. 2 pesawat Paralel bergerak dengan kecepatan berbeda yang memberikan kesan 3D pada gerakan kamera. Jika kita memiliki beberapa karakter, maka karakter-karakter yang lebih dekat ke posisi, perubahan kamera harus lebih cepat daripada mereka yang jauh. Tidak memiliki parallax mengalahkan tujuan perpindahan kamera.


Parallax di 2D

Untuk mencapai hal ini dalam 2D, semua yang perlu kita lakukan adalah memiliki latar bergerak lebih cepat dari latar belakang. Mudah. Kebanyakan animasi software 2D seperti ToonBoom, memiliki fitur 3D, di mana kita dapat menempatkan kamera 3D dan memiliki lapisan yang didistribusikan pada seluruh platform 3D. Dan jika kalian sudah familiar dengan After Effects, maka kalian tahu parallax juga berlaku di sini, dan sangat mudah dilakukan.
Hal ini tidak hanya berlaku ketika kita memindahkan kamera dari satu sisi ke sisi lain. Tetapi juga berlaku ketika kita melakukan dolly in atau dolly back.
Perbedaannya adalah bahwa semakin dekat benda yang ke kamera, semakin cepat mereka bergerak, dan lebih jauh, semakin lambat mereka bergerak.



Lihat Video Tutorial Lebih Lengkap!

Sekian dan terima kasih, semoga kalian dapat menambah sedikit ilmu tentang Animasi. Hanya itu yang bisa saya sampaikan, tunggu artikel selanjutnya mengenai tutorial-tutorial komputer dan multimedia lainnya. Demikianlah penjelasan tentang Pergerakan Kamera pada Animasi 2D

COMMENTS

Nama

Adobe After Effects Adobe Flash Adobe Photoshop Adobe Systems Animation Articles Audio Characters News Others Places Tutorials YouTube
false
ltr
item
Hog Pictures: Belajar Komputer Dasar dan Multimedia untuk Pemula: Pergerakan Kamera pada Animasi 2D
Pergerakan Kamera pada Animasi 2D
https://1.bp.blogspot.com/-KNHrs_dZ4NE/VzYLCyTr6sI/AAAAAAAACoM/V8l-b7ex65YcgDY3gyE0UwlcH3171LBkQCLcB/s400/pergerakan-kamera-pada-animasi-2d.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-KNHrs_dZ4NE/VzYLCyTr6sI/AAAAAAAACoM/V8l-b7ex65YcgDY3gyE0UwlcH3171LBkQCLcB/s72-c/pergerakan-kamera-pada-animasi-2d.jpg
Hog Pictures: Belajar Komputer Dasar dan Multimedia untuk Pemula
http://www.hog-pictures.com/2016/05/pergerakan-kamera-pada-animasi-2d.html
http://www.hog-pictures.com/
http://www.hog-pictures.com/
http://www.hog-pictures.com/2016/05/pergerakan-kamera-pada-animasi-2d.html
true
9172736097871728012
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy