Teknik Pengambilan Gambar dalam Film Animasi Bergerak

Didalam sinematografi animasi, terdapat beberapa   Teknik Pengambilan Gambar dalam Film Animasi Bergerak   khususnya 2 dimensi yang harus ki...

Didalam sinematografi animasi, terdapat beberapa Teknik Pengambilan Gambar dalam Film Animasi Bergerak khususnya 2 dimensi yang harus kita ketahui sebagai filmmaker atau animator yang terdiri dari:

  • Extreme long shot
  • Long shot
  • Wide shot (open shot)
  • Full shot
  • Medium shot
  • Medium close up
  • Close up
  • Extreme close up
  • dan Establishing shot.



Teknik Pengambilan Gambar untuk Film Animasi 2D - Hog Pictures
Teknik Pengambilan Gambar untuk Film Animasi Bergerak - Hog Pictures

Teknik Pengambilan Gambar dalam Film Animasi Bergerak

Extreme long shot

Sesuai dengan namanya, pengambilan gambar jenis ini membuat penonton melihat objek, karakter, dan pemandangan secara keseluruhan dari kejauhan. Extreme long shot sering digunakan untuk memberikan suasana lingkungan dan menjelaskan posisi karakter secara luas.


Long shot

Masih terlihat dari sudut pandang yang sangat jauh, tetapi penonton dapat melihat subjek dan objek dengan tidak terlalu jelas. Pengambilan gambar dengan long shot adalah suatu peregangan dari extreme long shot. Perbedaan nya, extreme long shot bersiftat keseluruhan, dan long shot membagi dua fokus dari keseluruhan lingkungan dengan subjek dan objek yang ada.

Baca juga: Konsep Dasar Prinsip Animasi 2D



Wide shot (open shot)

Lebih dekat lagi, wide shot atau open shot tidak jauh beda dengan long shot. Hanya saja wide shot dapat lebih jelas memperlihatkan subjek dan objek lainnya secara detail. Seperti bebatuan, tekstur permukaan, dan pergerakkan gambar.


Full shot

Selain dapat memperlihatkan subjek dan objek secara detail, full shot dapat memfokuskan pandangan kepada badan atau organ subjek dan bentuk objek secara lebih detail. Full shot sering digunakan untuk mengikuti pergerakkan subjek dan menjadikannya titik fokus pada gambar.


Medium shot

Kamu dapat melihat subjek dengan setengah badan jika menggunakan medium shot. Pengambilan gambar jenis ini cukup dapat menghantarkan percakapan setiap subjek.


Medium close up

Medium close up hanya memperlihatkan pengambilan gambar dari dada atau pundak sampai kepala. Terlihat lebih personal daripada medium shot.

Baca juga: Membuat Film Animasi dengan Low Budget



Close up

Memperlihatkan hanya wajah saja, fokus terhadap ekspresi wajah, dan merasakan apa yang dirasakan oleh subjek atau karakter melalui ekspresi yang ditimbulkan dari pengambilan gambar secara close up tersebut.


Extreme close up

Pengambilan gambar ini adalah yang paling dekat dan dapat menghantarkan pesan pribadi yang memang harus diketahui oleh penonton. Hanya memperlihatkan bibir atau mata. Biasanya mengucapkan kata-kata penting dengan lirikan mata yang tajam sebagai penggambaran ekspresi atau perasaan suatu subjek atau karakter.


Establishing shot

Pengambilan gambar ini bisa menjadi full shot, wide shot ataupun long shot, itu tidak masalah. Yang menjadikan masalah hanyalah fungsi atau kegunaan dari establishing shot tersebut, untuk memberitahu penonton dimana aksi yang akan diambil.



Ada dua cara untuk memulai adegan film animasi, yaitu dengan menggunakan establishing shot dan close up.


Untuk pemakaian teknik establishing shot, bisa diawali dengan wide shot (open shot) dimana adegan memperlihatkan tempat. Dari sana kamu dapat memperdekat pandangan menjadi full shot, lalu medium shot, dan terakhir close up. Tentunya, setelah itu kamu dapat melakukan pemotongan adegan sesuai jenis pengambilan gambar yang ditentukan.


Dan jika memulai adegan dengan pengambilan close up, kamu harus membuat penonton heran tentang apa yang akan terjadi, dan menambahkan misteri. Sedikit demi sedikit, kamu dapat menambahkan medium shot, lalu full shot, dan terakhir establishing shot.




Lihat Video Tutorial Lebih Lengkap!

Sekian dan terima kasih, semoga kalian dapat menambah sedikit ilmu tentang Animasi. Hanya itu yang bisa saya sampaikan, tunggu artikel selanjutnya mengenai tutorial-tutorial komputer dan multimedia lainnya. Demikianlah penjelasan tentang Teknik Pengambilan Gambar untuk Film Animasi 2D
Adobe After EffectsAdobe FlashAdobe PhotoshopAdobe SystemsAnimationArticlesAudioCharactersHomeNewsOthersPlacesTutorialsYouTube
false
ltr
item
Hog Pictures: Belajar Komputer dan Multimedia untuk Pemula: Teknik Pengambilan Gambar dalam Film Animasi Bergerak
Teknik Pengambilan Gambar dalam Film Animasi Bergerak
https://2.bp.blogspot.com/-zqym0hmtIYA/VzKp84zkT2I/AAAAAAAACkA/uRYw26GBUKwU-aj3v33vnh1IAF-c7pV8wCLcB/s400/film-shooting-techniques-in-2d-animation.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-zqym0hmtIYA/VzKp84zkT2I/AAAAAAAACkA/uRYw26GBUKwU-aj3v33vnh1IAF-c7pV8wCLcB/s72-c/film-shooting-techniques-in-2d-animation.jpg
Hog Pictures: Belajar Komputer dan Multimedia untuk Pemula
http://www.hog-pictures.com/2016/05/teknik-pengambilan-gambar-film-animasi.html
http://www.hog-pictures.com/
http://www.hog-pictures.com/
http://www.hog-pictures.com/2016/05/teknik-pengambilan-gambar-film-animasi.html
true
9172736097871728012
UTF-8
Not found any postsVIEW ALLReadmoreReplyCancel replyDeleteByHomePAGESPOSTSView AllRECOMMENDED FOR YOULABELARCHIVESEARCHALL POSTSNot found any post match with your requestBack HomeSundayMondayTuesdayWednesdayThursdayFridaySaturdaySunMonTueWedThuFriSatJanuaryFebruaryMarchAprilMayJuneJulyAugustSeptemberOctoberNovemberDecemberJanFebMarAprMayJunJulAugSepOctNovDecjust now1 minute ago$$1$$ minutes ago1 hour ago$$1$$ hours agoYesterday$$1$$ days ago$$1$$ weeks agomore than 5 weeks agoFollowersFollowTHIS CONTENT IS PREMIUMPlease share to unlockCopy All CodeSelect All CodeAll codes were copied to your clipboardCan not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy