Apa itu Blu-ray Disc? - Pengertian Blu-ray Disc

Apa itu Blu-ray? - What is Blu-ray? Blu-ray, juga dikenal sebagai Blu-ray Disc (BD) adalah nama fo...

Apa itu Blu-ray? - What is Blu-ray?

Blu-ray, juga dikenal sebagai Blu-ray Disc (BD) adalah nama format cakram optik baru yang cepat menggantikan DVD, kali ini Hog Pictures akan menjelaskan tentang Pengertian Blu-ray disc. Format ini dikembangkan untuk memungkinkan perekaman, menulis ulang dan pemutaran video definisi tinggi (HD), serta menyimpan data dalam jumlah besar. Format menawarkan lebih dari lima kali kapasitas penyimpanan DVD tradisional dan dapat menyimpan hingga 25GB pada disc single layer dan 50GB pada dual-layer disc.


Apa itu Blu-ray Disc? - Pengertian Blu-ray Disc - Hog Pictures
Apa itu Blu-ray Disc? - Pengertian Blu-ray Disc - Hog Pictures


Mengapa nama Blu-ray?

Nama Blu-ray berasal dari teknologi yang mendasari, yang memanfaatkan laser biru-violet untuk membaca dan menulis data. Nama adalah kombinasi dari "Blue" (blue-violet laser) dan "Ray" (ray optical). Menurut Blu-ray Disc Association ejaan "Blu-ray" tidak salah, karakter "e" sengaja ditinggalkan sehingga istilah dapat didaftarkan sebagai merek dagang.

  • Nama lengkap yang benar adalah Blu-ray Disc, tidak Blu-ray Disk (salah ejaan)
  • Nama singkat yang benar adalah Blu-ray, tidak Blu-Ray (yang salah kapitalisasi) atau Blue-ray (salah ejaan)
  • Singkatan yang benar adalah BD, tidak BR atau BRD (salah singkatan)


Apa saja format Blu-ray yang direncanakan?

Seperti CD dan DVD konvensional, Blu-ray berencana untuk menyediakan berbagai format termasuk ROM / R / RW. Format berikut adalah bagian dari spesifikasi Disc Blu-ray:
  • BD-ROM - read-only format for distribution of HD movies, games, software, etc.
  • BD-R - recordable format for HD video recording and PC data storage.
  • BD-RE - rewritable format for HD video recording and PC data storage.
Ada juga rencana untuk format hybrid BD / DVD, yang menggabungkan Blu-ray dan DVD pada disk yang sama sehingga dapat dimainkan di kedua pemain Blu-ray dan pemutar DVD.


Baca juga: Cara Burning File ke CD di Nero Express


Berapa banyak data yang dapat muat pada disk Blu-ray?


  • Sebuah disc single-layer dapat menyimpan 25GB.
  • Sebuah disc dual-layer dapat menyimpan 50GB.


Untuk memastikan bahwa Blu-ray Format Disc mudah diperpanjang (masa depan-bukti) itu juga termasuk dukungan untuk multi-layer disc, yang seharusnya memungkinkan kapasitas penyimpanan ditingkatkan ke 100GB-200GB (25GB per layer) di masa depan hanya dengan menambahkan lebih lapisan pada cakram.




Berapa banyak video yang dapat muat pada disk Blu-ray?


  • Lebih dari 9 jam high-definition (HD) video pada disc 50GB.
  • Sekitar 23 jam dari definisi standar (SD) video pada disc 50GB.



Seberapa cepat Anda dapat membaca / menulis data pada disk Blu-ray?

Menurut spesifikasi Disc Blu-ray, kecepatan 1x didefinisikan sebagai 36Mbps. Namun, seperti film BD-ROM akan membutuhkan kecepatan transfer data 54Mbps kecepatan minimum kami mengharapkan untuk melihat adalah 2x (72Mbps). Blu-ray juga memiliki potensi untuk kecepatan jauh lebih tinggi, sebagai akibat dari aperture numerik yang lebih besar (NA) yang diadopsi oleh Blu-ray Disc. Nilai NA besar secara efektif berarti bahwa Blu-ray akan membutuhkan daya rekaman kurang dan disc kecepatan putaran rendah dari DVD dan HD-DVD untuk mencapai kecepatan transfer data yang sama. Sementara media itu sendiri terbatas kecepatan perekaman di masa lalu, satu-satunya faktor pembatas untuk Blu-ray adalah kapasitas perangkat keras. Jika kita asumsikan kecepatan putaran disc maksimum 10.000 RPM, maka 12x pada diameter luar harus mungkin (sekitar 400Mbps). Inilah sebabnya mengapa Disc Association Blu-ray (BDA) telah memiliki rencana untuk menaikkan kecepatan 8x (288Mbps) atau lebih di masa depan.



Apa codec video yang didukung Blu-ray?

  • MPEG-2 - enhanced for HD, also used for playback of DVDs and HDTV recordings.
  • MPEG-4 AVC - part of the MPEG-4 standard also known as H.264 (High Profile and Main Profile).
  • SMPTE VC-1 - standard based on Microsoft's Windows Media Video (WMV) technology.

Harap dicatat bahwa ini berarti bahwa semua pemutar Blu-ray dan perekam harus mendukung pemutaran video codec ini, masih akan sampai ke studio film untuk memutuskan mana codec video (s) yang mereka gunakan untuk rilis mereka.



Baca juga: Pengertian dan Sejarah Nero Burning ROM


Apa codec audio akan dukungan Blu-ray?

  • Linear PCM (LPCM) - up to 8 channels of uncompressed audio. (mandatory)
  • Dolby Digital (DD) - format used for DVDs, 5.1-channel surround sound. (mandatory)
  • Dolby Digital Plus (DD+) - extension of Dolby Digital, 7.1-channel surround sound. (optional)
  • Dolby TrueHD - lossless encoding of up to 8 channels of audio. (optional)
  • DTS Digital Surround - format used for DVDs, 5.1-channel surround sound. (mandatory)
  • DTS-HD High Resolution Audio - extension of DTS, 7.1-channel surround sound. (optional)
  • DTS-HD Master Audio - lossless encoding of up to 8 channels of audio. (optional)

Harap dicatat bahwa ini hanya berarti bahwa pemutar Blu-ray dan perekam harus mendukung pemutaran tersebut codec audio, masih akan sampai ke studio film untuk memutuskan mana codec audio (s) yang mereka gunakan untuk rilis mereka.




Akankah Blu-ray disc membutuhkan cartridge?

Tidak, perkembangan biaya rendah teknologi hard-coating baru telah membuat cartridge usang. Blu-ray malah akan mengandalkan hard-coating untuk perlindungan, yang bila diterapkan akan membuat cakram lebih tahan terhadap goresan dan sidik jari dari DVD hari ini, sementara tetap mempertahankan tampilan yang sama dan merasa. Blu-ray juga mengadopsi sistem koreksi kesalahan baru yang lebih kuat dan efisien daripada yang digunakan untuk DVD.

Akankah Blu-ray membutuhkan koneksi Internet?

Tidak, Anda tidak perlu koneksi internet untuk pemutaran dasar film Blu-ray. Koneksi internet hanya akan dibutuhkan untuk fitur nilai tambah seperti men-download tambahan baru, menonton trailer film terbaru, web browsing, dll juga akan diminta untuk mengotorisasi salinan dikelola film Blu-ray yang dapat ditransfer melalui jaringan rumah .


Source: 
www.blu-ray.com/faq


Lihat Video Tutorial Lebih Lengkap!

Sekian dan terima kasih, semoga kalian dapat menambah sedikit ilmu tentang Blu-ray Disc. Hanya itu yang bisa saya sampaikan, tunggu artikel selanjutnya mengenai tutorial-tutorial komputer dan multimedia lainnya. Demikianlah penjelasan tentang bagaimana Apa itu Blu-ray? | What is Blu-ray?

COMMENTS

Nama

Adobe After Effects Adobe Flash Adobe Photoshop Adobe Systems Animation Articles Audio Characters News Others Places Tutorials YouTube
false
ltr
item
Hog Pictures: Belajar Komputer Dasar dan Multimedia untuk Pemula: Apa itu Blu-ray Disc? - Pengertian Blu-ray Disc
Apa itu Blu-ray Disc? - Pengertian Blu-ray Disc
https://1.bp.blogspot.com/-UMO2T6vfWkk/V72xaGvMuDI/AAAAAAAACv8/OXXQ97eDI4wvRBgrSIn9dnayjIMnMnlNQCLcB/s400/BLU-RAY-HOG-PICTURES-TUTORIAL.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-UMO2T6vfWkk/V72xaGvMuDI/AAAAAAAACv8/OXXQ97eDI4wvRBgrSIn9dnayjIMnMnlNQCLcB/s72-c/BLU-RAY-HOG-PICTURES-TUTORIAL.jpg
Hog Pictures: Belajar Komputer Dasar dan Multimedia untuk Pemula
http://www.hog-pictures.com/2016/08/pengertian-blu-ray-apa-itu-blu-ray.html
http://www.hog-pictures.com/
http://www.hog-pictures.com/
http://www.hog-pictures.com/2016/08/pengertian-blu-ray-apa-itu-blu-ray.html
true
9172736097871728012
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy